7 Cara Mengatasi Wajah Berjerawat dan kusam saat Menstruasi

Wajah berjerawat dan kusam saat menstruasi itu menyebalkan banget ya ga sih? Tiap bulan pasti ada aja masalah-masalah kulit yang harus dihadapi, sudah pakai cara ini itu, bukannya malah sembuh, eh tambah parah. 

Biar ga salah penanganan, yuk belajar caranya mengatasi masalah bulanan ini dengan tepat dan benar. Dijamin deh, kalau sudah dipraktekkan dengan benar pasti wajah bersih dan kembali cerah setelah menstruasi berakhir.

Kenapa Wajah Berjerawat & Kusam Selama Menstruasi?

Supaya dapat mengatasi permasalah dengan benar, ada baiknya kamu paham kenapa masalah bulanan ini terjadi. Wajah berjerawat dan kusam saat menstruasi itu faktor utamanya karena perubahan hormon pada tubuh wanita.

Hormon utama yang bertanggung jawab dalam menyebabkan jerawat dan kusam ini adalah Testosterone. Yup, kamu tidak salah baca, hormon yang umumnya dimiliki pria ini juga ada di dalam tubuh wanita loh, meski kadarnya jauh lebih kecil.

Selama menstruasi, hormon testosterone membuat kelenjar minyak pada pori kulit menghasilkan lebih banyak sebum. Inilah faktor utama kenapa kulitmu ‘tiba-tiba’ kusam dan berjerawat.

wajah berjerawat dan kusam saat menstruasi

Pada beberapa tipe kulit terutama tipe kulit berminyak, kelebihan sebum menjadikan resiko pori tersumbat komedo menjadi semakin besar. Sedangkan pada tipe kulit normal-kombinasi, kelebihan sebum dapat membuat permukaan kulit menjadi tak rata warna dan teksturnya, sehingga cahaya sulit terpantulkan, kusam deh jadinya.

7 Cara Mengatasi Wajah Berjerawat & Kusam Saat Menstruasi

Kalau sudah tahu penyebabnya, cara mengatasinya relatif mudah koq. Gini nih cara-caranya:

1. Hindari makanan berminyak/berlemak

Tahan nafsumu untuk mengkonsumsi gorengan dan junk food. Ubah diet ke makanan dan minuman berserat serta mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan. Kalau lapar, sumber karbohidrat terbaikmu adalah gandum (roti), kentang dan oatmeal.

Satu lagi, hindari juga makanan dengan kadar gula tinggi, seperti Bubble Tea atau minuman bersoda. Kadar gula tinggi dapat memicu metabolisme yang mempengaruhi keseimbangan hormon.

2. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Bakteri dan noda pada tanganmu dapat berpindah ke wajah hanya dengan kontak sentuhan saja. Jadi, jangan terlalu sering menyentuhnya atau bahkan menggaruknya, meskipun wajah terasa gatal. Lebih baik gunakan kapas atau kain handuk steril untuk membersihkan wajahmu.

3. Hindari kosmetik dengan bahan dasar minyak (oil-base)

Kosmetik berbahan dasar minyak seperti lipstik, bedak cair, dan perona pipi memiliki risiko tinggi untuk menyumbat pori. Karena itu carilah alternatifnya dengan menggunakan kosmetik Water Base seperti Tinted Moisturizer, dan bedak tabur untuk menyerap sebum berlebih. 

Usahakan agar makeup tidak terlalu tebal, agar pori-pori masih dapat ‘bernafas’.

4. Lakukan Double Cleansing

Double Cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan dua tipe produk berbeda. Kategori pertama adalah First Cleanser yang dikhususkan untuk menyerap minyak dan membersihkan makeup yang tahan air. Contohnya adalah Micellar Water, Cleansing Balm atau Cleansing Oil.

Sedangkan Second Cleanser adalah pembersih wajah pada umumnya untuk mengangkat debu, kotoran dan partikel kecil dari pori-pori kulit. Keduanya perlu digunakan agar kulit benar-benar bersih secara tuntas.

5. Gunakan Exfoliating Toner

Toner pada umumnya berfungsi untuk mengendalikan kadar pH setelah kulit dibersihkan. Keseimbangan pH cukup penting andilnya untuk mengontrol produksi sebum.

Plus, Exfoliating Toner juga dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, kulit akan terlihat lebih cerah dan segar, bye-bye kulit kusam!

6. Gunakan Sunscreen Non-Comedogenic

Saat kulit terkena sengatan sinar matahari, kulit secara otomatis akan memproduksi lebih banyak sebum untuk melindungi lapisan kulit terluar. Nah, Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari UV tanpa merangsang kulit menghasilkan sebum berlebih.

Sebaiknya gunakan Sunscreen dengan properti Non-Comedogenic agar tidak menyumbat pori-porimu selama digunakan. Masing-masing individu memiliki kadar Comedogenic berbeda-beda, misalnya Shea Butter aman untuk tipe kulit normal, tapi Comedogenic untuk tipe kulit kombinasi, jadi cek dulu sebelum menggunakan.

7. Gunakan Pelembab Non-Comedogenic

Pelembab juga memiliki peran penting untuk mencegah kulit berjerawat dan kusam saat menstruasi. Pasalnya, kulit yang kekurangan kelembaban akan memproduksi sebum sebagai kompensasi, karena itulah kamu perlu pelembab.

Idealnya, gunakan pelembab dengan kandungan nutrisi padat agar kulitmu juga mendapat asupan vitamin dan mineral bermanfaat untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit.

Rekomendasi Produk Untuk Mengatasi Kusam Dan Jerawat Saat Menstruasi

Ga sabar pingin nuntasin jerawat dan kulit kusam selama menstruasi? Nih rekomendasi produk-produk terbaiknya:

1. Tryme Facial Wash

Sabun pencerah wajah ini mampu menyerap sebum sampai tuntas, jadi cocok banget buat tipe kulit berminyak. Dengan formulasi Niacinamide dan Alpha-arbutin, sabun ini juga bisa mencerahkan wajah kusam dengan efektif. Klik link ini untuk cek detail produk

2. Tryme Face Toner

Exfoliating Toner ini diperkaya dengan Niacinamide, Kojic Acid dan Vitamin C untuk mencerahkan kulit sekaligus membantu meremajakan kulit. Pas banget buat kamu yang ga betah sama kulit kusam.

3. Tryme Glowing Secret Day Cream

Day Cream ini selain melembabkan juga dilengkapi dengan UV-filter (sunscreen) untuk melindungi kulit dari sengatan matahari di siang hari. Formulasi Beeswax, Aloe vera-nya mampu mengunci kelembaban dengan efektif. Klik disini untuk membeli

4. Tryme Shining Ultimate Night Cream.

Night Cream padat nutrisi dari ekstrak Marine Collagen, jeruk lemon dan biji bunga matahari serta agen pencerah premium (alpha-arbutin, kojic acid, licorice). Khasiatnya sangat baik untuk menutrisi kulitmu selama kondisi hormon tidak bersahabat.  

Kesimpulan

Kondisi kulit berjerawat dan kusam saat menstruasi memang menyebalkan, tapi dapat diatasi dengan mudah kalau kamu mau sudah tahu persiapannya. Kedisiplinan dalam menjaga diet, memilih produk yang bermanfaat dan menghindari sumber penyebab jerawat adalah solusi terbaiknya.

Tak sulit mempraktekkan cara mengatasi wajah berjerawat dan kusam saat menstruasi kan? Coba aja sendiri #daretotryme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Tryme

About Tryme

Brand “Tryme” adalah produk kecantikan di Indonesia yang telah terdaftar sejak tahun 2016. Bermula dari keinginan untuk menjawab harapan dari pengguna produk perawatan kulit wajah untuk mendapatkan produk yang mencerahkan kulit secara aman, efektif, dan tanpa efek samping.

Dengan menggunakan formulasi terbaik yang berkualitas mengandung bahan-bahan alami dan bahan bahan pilihan terbaik yang sudah teruji laboratorium, Tryme akan menjadikan produk kecantikan unggulan di Indonesia.

© 2016 - 2020 tryme cosmetics. All Rights Reserved - Design by LAYER ID