Cara Mengetahui Tipe Kulit Wajah & Tips Merawatnya

Mengetahui tipe kulit wajah itu adalah langkah penting pertama untuk menentukan rutinitas perawatan yang tepat. Semakin awal kamu mengetahui tipe kulit wajahmu, semakin mudah dan cepat untuk meraih hasil kulit cerah, mulus dan sehat.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah praktis untuk mendeteksi 4 tipe kulit wajah yaitu: normal, kering, berminyak dan kombinasi:

mengetahui tipe kulit wajah

Cara Mengetahui Tipe Kulit Wajah Dengan Metode Praktis

Langkah awal untuk mendeteksi tipe kulit wajah adalah dari produksi sebum (minyak) di permukaan kulit wajah. Kamu bisa mempraktekkannya sendiri di rumah dengan cara ini:

a. Metode Bare-Face

Bersihkan wajahmu dengan Face Cleanser yang lembut (tanpa busa banyak), lalu tepuk-tepuk dengan handuk sampai kering. Setelah itu biarkan wajahmu “bare-face” selama 30 menit tanpa toner, pelembab ataupun serum. Periksa gejala-gejala ini untuk menentukan tipe kulitmu:

  • Kalau wajahmu masih terasa kesat dan ketat, kemungkinan besar kulitmu bertipe kering
  • Kalau wajahmu mulai tampak berkilau di sekitar dahi, pipi dan hidung, maka kemungkinan besarnya tipe kulitmu adalah berminyak
  • Jika wajahmu mulai tampak berkilau hanya di sekitar dahi, hidung dan dagu saja (T-zone), tapi pipimu terasa kering, maka besar kemungkinannya tipe kulitmu adalah kombinasi
  • Tipe kulit normal biasanya akan masih terasa lembab, tak terlalu mengkilap dan tak terasa ketat

b. Metode Oil-Blotting

Cara ini menggunakan kertas penyerap minyak khusus “oil blot” untuk mendeteksi tipe kulitmu dengan cepat dan mudah. Tepuk-tepuk kertas minyak di beberapa daerah seperti dahi, pipi, dan hidung, lalu angkat dan terawang di dekat sumber cahaya untuk mengetahui seberapa banyak minyak telah terserap

  • Kalau kertas tidak menyerap minyak sama sekali, kemungkinan besarnya tipe kulitmu adalah kering
  • Jika kertas terlihat berminyak dari dahi dan hidung, tapi tak ada minyak di pipi, kemungkinan besar adalah tipe wajah kombinasi
  • Sedangkan jika kertas terlihat penuh dengan minyak di dahi, hidung dan pipi, kemungkinan besar tipe kulitmu adalah berminyak.
  • Tipe kulit normal hanya akan menghasilkan sedikit minyak di dahi dan hidung.

Perlu dicatat, kedua tes tersebut harus dilakukan di luar jadwal menstruasi, karena menstruasi dapat mempengaruhi produksi sebum di wajah..

Cara Merawat Tipe Kulit Wajah Dengan Tepat

Setelah mengetahui tipe kulit wajah, langkah penting berikutnya jelas dong. Kamu harus menentukan rutinitas perawatan sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Rutinitas perawatan biasanya menggunakan rumus “CTMP”. Bagi yang belum tahu apa artinya itu, nih penjelasannya: 

1. C for “Cleansing”

Tahap awal ini berfokus untuk membersihkan wajah dari noda, bekas makeup dan bakteri agar kulit bebas kontaminasi selama proses perawatan. Selalu gunakan handuk atau tisu steril untuk mengeringkan wajah, cukup ditepuk-tepukan saja, jangan diusap-usap.

  • Untuk merawat tipe kulit kering, gunakan gel cleanser lembut (berbusa sedikit) dan anti-iritasi.
  • Untuk merawat tipe kulit berminyak, kamu boleh menggunakan foam cleanser (berbusa banyak) untuk menyerap minyak berlebih.
  • Bagi perawatan tipe kulit kombinasi, gunakan gel cleanser lembut dengan kandungan antioksidan dan pencerah agar wajah tak mudah kusam.
  • Perawatan kulit normal dapat menggunakan gel ataupun foam cleanser

2. T for “Toning”

Tahap kedua dalam perawatan ini berfokus untuk mengembalikan kadar pH setelah kulit dibersihkan dengan sabun. Keseimbangan kadar pH penting perannya untuk mengontrol produksi sebum dan keutuhan lapisan pelindungnya.

  • Bagi perawatankulit kering, gunakan Hydrating Toner dengan kandungan pelembab berkualitas seperti Hyaluronic Acid. Hindari kandungan alkohol pada Toner karena dapat membuat kulit kering dan iritasi.
  • Untuk merawat kulit berminyak, gunakan Exfoliating Toner untuk membantu mengangkat sel kulit mati dari pori kulit, sehingga kulitmu bebas dari jerawat.
  • Untuk merawat kulit kombinasi, aplikasikan double toning dengan Hydrating Toner untuk seluruh wajah dan Exfoliating toner untuk daerah T-Zone.
  • Bagi perawatan tipe kulit normal, kamu bebas menggunakan kedua tipe Toner tergantung tingkat kusamnya kulit. Kalau sudah terlalu kusam fokuskan pada Exfoliating Toner.

M for “Moisturising”

Langkah perawatan ketiga ini termasuk yang paling penting karena kulit sangat membutuhkan kelembaban untuk menjaga elastisitas, kelenturan dan tekstur mulusnya. Tanpa kelembaban, kulit lebih beresiko terkena gejala penuaan dini seperti garis-garis halus dan hiperpigmentasi (flek)

  • Untuk merawat tipe kulit kering, gunakan pelembab dengan kandungan seperti Hyaluronic Acid (Sodium Hyaluronate), Aloe vera, dan anti-iritan.
  • Untuk merawat tipe kulit berminyak, gunakan pelembab ringan dengan tekstur seperti lotion/gel. Hindari bahan-bahan yang akan menutup pori-porimu (comedogenic).
  • Bagi perawatan tipe wajah kombinasi, aplikasikan krim pelembab di daerah yang terasa kering, sedangkan daerah T-Zone dapat menggunakan lotion pelembab ringan.
  • Untuk merawat kulit normal, gunakan krim pelembab dengan kandungan pencerah agar kulit tidak mudah kusam.

P for “Protection”

Langkah terakhir ini berfokus untuk melindungi kulitmu dari pengaruh buruk radiasi UV (sengatan matahari) dan polusi. Dasarnya hampir sama untuk setiap tipe kulit wajah. Gunakan Sunscreen dengan kandungan Broad Spectrum Protection (SPF dan PA) untuk menyerap UVA dan UVB.

Rekomendasi Produk

Bingung memilih produk yang tepat untuk tipe kulitmu? Gampang, ikuti saja rekomendasi produk terpercaya ini:

1. Tryme Facial Wash

Tryme Facial Wash sangat direkomendasikan untuk tipe kulit wajah normal dan berminyak. Kemasan praktisnya dapat langsung menghasilkan busa yang mampu menyerap sebum berlebih. Kandungan Niacinamide dan Collagen juga dapat membantu mencerahkan. Klik di sini untuk belanja.

2. Tryme Face Toner

Exfoliating Toner ini juga direkomendasikan untuk tipe kulit wajah normal dan berminyak karena mampu membersihkan sisa-sisa sel kulit mati serta kotoran dari dalam pori. Diformulasikan dengan Niacinamide, Alpha-arbutin, Kojic Acid, serta Citrus Lemon Extract (AHA) untuk mencerahkan kulit serta memudarkan bekas jerawat/flek hitam. Klik di sini untuk pembelian.

3. Tryme Day Cream

Pelembab dengan properti UV-Filter untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Cocok untuk segala macam tipe kulit dan mudah meresap. Diformulasikan dengan Aloe vera, Pentapeptide, dan Citrus Lemon, cocok untuk melembabkan serta meremajakan kulit agar tidak mudah kusam. Klik di sini untuk pembelian.

4. Tryme Night Cream

Krim pelembab padat nutrisi mulai dari pencerah seperti Niacinamide, Vitamin C, Alpha-arbutin, dan Kojic Acid hingga anti-aging seperti Collagen, Vit E, dan Sunflower Seed Oil. Teksturnya lembut dan mudah meresap, plus cocok untuk segala macam tipe kulit. Mau beli? Klik tautan ini

Kesimpulan

Mengetahui tipe kulit wajah adalah langkah pertama untuk menentukan kesuksesan dari proses perawatan kulit wajah. Kalau kamu dapat mendeteksinya dengan tepat, hasil perawatan kulitmu akan jauh lebih cepat terlihat hasilnya dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Tryme

About Tryme

Brand “Tryme” adalah produk kecantikan di Indonesia yang telah terdaftar sejak tahun 2016. Bermula dari keinginan untuk menjawab harapan dari pengguna produk perawatan kulit wajah untuk mendapatkan produk yang mencerahkan kulit secara aman, efektif, dan tanpa efek samping.

Dengan menggunakan formulasi terbaik yang berkualitas mengandung bahan-bahan alami dan bahan bahan pilihan terbaik yang sudah teruji laboratorium, Tryme akan menjadikan produk kecantikan unggulan di Indonesia.

© 2016 - 2020 tryme cosmetics. All Rights Reserved - Design by LAYER ID